Monday, February 16, 2015

Dr. James Dobson, Ph.D

"Pemerhati Etika Keluarga"

Perkembangan zaman membawa perubahan dalam segala aspek kehidupan, sisi negatifnya adalah terjadi degradasi moral dan etika dalam hubungan antar manusia. “Virus” ini juga tampaknya telah menjangkiti banyak keluarga-keluarga, nilai-nilai kekudusan dan komitmen mulai ditinggalkan dalam kehidupan suami istri. Di tengah-tengah kemerosotan moral dan etika tersebut, James Dobson peduli dan concern terhadap penurunan nilai-nilai yang sedang terjadi.

James Dobson lahir di Shreveport, Louisiana, Amerika Serikat pada tanggal 21 April 1936 dari pasangan Myrtle Georgia dan James C. Dobson, Sr. Sejak kecil kedua orang tuanya mendidik dan menanamkan nilai-nilai kekristenan yang kuat kepada James. Dia sudah belajar berdoa sendiri jauh sebelum ia belajar berbicara dan membaca. Diusia 3 tahun, james memberikan hidupnya kepada Yesus.

Pendiri Focus on the Family

Pada tahun 1960, ketika Dr. Dobson sedang menyelesaikan gelar Ph.D nya (konsentrasi perkembangan anak), di University of Southern California, kemudian ia bergabung dengan fakultas dari Rumah Sakit anak di Los Angeles, pada saat itulah Dr. Dobson terinspirasi untuk membentuk organisasi yang berfokus kepada keluarga.  Setelah menjadi profesor klinis asosiasi pediatri di USC School of Medicine pada tahun 1970, beberapa tahun setelah itu ia menulis beberapa buku dan menaruh perhatian lebih terhadap pernikahan tradisional/adat dan efek negatifnya.
Lembaga Fokus pada Keluarga didirikan dengan fokus pertamanya adalah siaran radio bertemakan tentang keluarga, setelah itu merambah ke industri film seri keluarga yang mendapat sambutan antuias oleh pemirsa. Selama tahun 1980, program ini tumbuh secara pesat tidak hanya siaran radio dan TV, namun  segera mulai menerbitkan sejumlah majalah dan diperluas ke Kanada dan Inggris. Sebagai sebuah organisasi non-profit internasional yang memproduksi program-program radio, TV, majalah dan website, telah memiliki lebih dari 3.000 fasilitas Radio di Amerika Utara dan diterjemahkan ke dalam dua puluh tujuh bahasa, memiliki lebih dari 7.000 stasiun di seluruh dunia, dan didengar setiap hari oleh lebih dari 220 juta orang di 164 negara, serta 4.130 fasilitas tambahan. Bahkan hingga kini websitenya, www.focusonthefamily.com ramai dikunjungi dan banyak memberkati keluarga-keluarga.


 Konselor Penikahan dan anak

Pengalamannya selama selama 17 tahun sebagai ketua divisi pengembangan anak dan medical Genetics di Rumah Sakit Anak Los Angeles, mengantarnya menjadi seorang psikolog berlisensi di negara bagian California dan Colorado, serta menjadi konselor pernikahan dan anak berlisensi yang terdaftar di departemen kesehatan setempat.
Dr. Dobson telah banyak terlibat di dalam kegiatan pemerintah yang berkaitan dengan keluarga, dia pernah bertugas di satuan tugas konferensi Gedung Putih bidang Keluarga dan menerima pujian khusus dari Presiden Jimmy Carter pada tahun 1980. Juga diangkat oleh Presiden Ronald Reagan sebagai Komisi Penasehat Nasional pada kantor Peradilan Anak dan pencegahan kenakalan. Dari tahun 1984 sampai 1987 ia rutin diundang ke Gedung Putih untuk berkonsultasi dengan Presiden Reagan dan stafnya perihal masalah-masalah keluarga.
Pada musim semi tahun 1987 dia diangkat oleh Dewan Penasehat Kejaksaan Agung yang menangani kasus anak hilang dan eksploitasi anak, serta panel sekretaris Otis Bowen yang berfokus pada pencegahan  kehamilan remaja, pada Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan. Pada bulan Oktobe 1987, Dr. Dobson menerima Marian Pfister Anschutz Award sebagai pengakuan atas kontribusinya kepada keluarga Amerika . Sebuah pesan rekaman video ucapan selamat yang dikirim oleh Presiden Reagan. Pada bulan Desember 1994, Dr. Dobson ditunjuk oleh Senator Robert Dole bergabung dalam Komisi Anak dan Kesejahteraan Keluarga, dan pada bulan Oktober 1996 , diangkat oleh Pemimpin mayoritas senat Trent Lott ke Komisi Nasional dampak perjudian.

Penulis yang menginspirasi

Buku pertama Dr. Dobson untuk orang tua dan guru , dengan judul “Berani Disiplin”, telah terjual lebih dari 4,5 juta eksemplar dan telah terpilih sebagai salah satu dari 50 buku yang akan rebound dan ditempatkan di perpustakaan Gedung Putih. Lebih dari 36 buku yang telah ditulis oleh Dr. Dobson, salah satu buku yang menguatkan saya secara pribadi adalah “When God doesn’t make sense”. Ketika Tuhan ijinkan mengambil anak pertama kami, istri saya sempat tertekan dan depresi, tetapi setelah membaca buku tersebut, kami dikuatkan dan kembali bangkit. Tulisan-tulisan Dr. Dobson sangat memberkati jutaan orang, diantara buku-bukunya yang terkenal adalah: “The New Hide or Seek”, “What Wives Wish Their Husbands Knew About Women”, “Preparing for Adolescence”, “Straight Talk to Men”, “Emotions: Can You Trust Them?”, “Love Must Be Tough”, “Home With a Heart”, “Coming Home”, dan masih banyak lagi.

Pemerhati etika keluarga ini menikah dengan Shirley pada 26 Agustus 1960, mereka memiliki dua anak, Danae dan Ryan. Hampir seluruh waktu dalam hidupnya difokuskan untuk membantu masalah-masalah dalam keluarga, menegakkan nilai-nilai etika Kristen dalam kalangan anak-anak, remaja dan pemuda, hingga pernikahan. Baginya nilai-nilai kebenaran Alkitab harus tetap dipraktekkan di tengah-tengah dunia yang sedang mengalami penurunan nilai seperti saat ini. Semoga beban dari Dr. Dobson ini juga menjadi beban Anda semua!.


No comments:

Post a Comment